Saturday, September 10, 2016

WorkPlace: Capital One (Ops Desk)

Tanggal 24 September 2012 adalah hari yang cukup bersejarah bagi gue. Termasuk salah satu hari yang paling bikin gua bahagia, dech! Gimana tidak? Setelah 6 tahun kerja sebagai kolektor di HSBC (departemen HSBC kartu kredit dibeli oleh Capital One, jadilah gue karyawan Capital One) akhirnya gue dapet kerjaan baru sebagai Ops Desk Analyst di departemen Fraud Detection-nya Capital One!

Sebelumnya, gue diwawancara oleh Bu Lisa (Head departement Fraud Recovery dari kota Salinas, California), dan Pak John (Bosnya Bu Lisa, Kepala bagian Fraud seluruhnya : ya termasuk Detection, Prevention, dan Recovery). Beruntung banget bisa diwawancara oleh Pak John, karena beliau adalah salah satu penggede pengambil keputusan untuk hire gue atau tidak! Wow!

Wawancara kedua: dengan my future boss, yaitu Bu Irene. Irene ini orangnya kecil kecil cabe rawit. Pandangannya tajam, bicaranya mantap dan tegas pula. Tapi kalo doi ketawa itu terbahak2x dari hati, sampai kita jadi pingin ikut2 ketawa juga, hehehe. Irene ini mengepalai bagian Ops Desk dan FACT/FARNA. Lokasi beliau di Salinas, California. Sedangkan nanti ini gue kerja untuk Ops Desk cabang Tigard, Oregon. 

Setelah gue lulus interview dan diterima kerja di bagian itu, gue bakalan dikirim training ke Salinas, California selama sepuluh hari (8-17 Oktober 2012). Wih, pas gue denger kabar itu, gue jingkrak2x kesenangan deh! Temen gue, Alex, sampe bilang,"You're lucky pants!!!" Yep, I am so lucky! :) Senyum lebar2x pas denger kabar itu. Tapi sebelumnya, gue ditraining di Tigard dulu sama salah satu anggota Ops Desk, namanya Elise. Elise dateng dari Salinas ke Tigard, dari tanggal 25 Sept - 5 Okt 2012 kalo gak salah.

Ada 2 orang yang diterima sebagai Ops Desk dari Collection: gue dan Amanda. Elise training kami berdua di Tigard, setelah itu gue dan Amanda pergi ke Salinas selama sepuluh hari. Wah, cihui banget deh! Ada cerita lucu sedikit pas hari keberangkatan pesawat di tanggal 8 Okt. Gue udah bangun super pagi hari. Tapi mungkin saking semangatnya, gak tau kenapa, gue tiba rada2x telat di airport. Nah, jadilah gue lari terbirit2x ke pesawat, dan jatuh duduk di kursi yang tersedia di Southwest Airlines (di pesawat ini duduknya bebas, gak ditentuin). Phew! Untung kaga ketinggalan pesawat...

Waktu gue di Salinas, gue ketemu rekan2 kerja gue yang berlokasi di cabang sana. Yaitu: Irene (the boss!), Juanita (asisten manajernya Irene - orangnya cantik, hitam manis gitu, punya anak 3 dan bersuamikan polisi), Debi (pintarnya setengah mati! yang ngurusin MIS reports), Lorena (doi nantinya pindah ke Tigard di bulan Mei 2013), Annie (doski juga nantinya pindah ke Tigard di bulan Oktober 2013), Toni (cewek satu ini cantik banget kayak model, dan baiknya setengah mati!!! Toni ini yang selalu mendukung gue dan selalu wish me sukses. Hebat deh pokoknya!), Elise (dimana nanti Elise akan pindah ke departemen lain sebagai trainer), Lori (dia ini asisten manajernya Irene untuk bidang FACT/FARNA).

Mereka ini gue juluki "fun fearless females" - soalnya kalo kerja bener2x kerja keras, tapi kalo have fun juga mantep abis! Irene baik sekali, doi bawa kita ke resto Beni Hana (resto fave dia dan gue!), terus pas hari terakhir (dimana bertepatan dengan hari ultah gue ke-34!), kita semua cuma kerja setengah hari, abis itu kita makan siang di PF Changs (yum! enak banget deh! udah gitu Irene pake acara kasih gue dome coklat kecil untuk dessert bday gue, yay.. thanks Irene!!), nonton film Perfect Pitch 1 di bioskop, lalu pergi jalan2x di Fisherman's Wharf yang terletak di kota Sacramento, California.

Selesai training, balik lah gue dan Amanda ke Tigard. Kita menempati lokasi kantor di building C. Kita juga kerja bareng2x departemen Fact, bersama Lori, Soila (pindahan dari Salinas), dan Susan (temen satu departement di Collections dulu!). Senang banget kerja di masa2x ini. Biasa, kerjaan baru. Di sini kita bertanggung jawab atas skedul pegawai2 yang bekerja di Fraud Detection, Fraud Recovery, dan Fraud Prevention (sebagian kecil, gak seluruhnya Prevention).  Dan kita mengkoordinir jadwal kerja untuk pegawai Tigard dan Salinas. Komunikasi lewat messenger/instant messaging. Dan tentunya juga lewat email. 

Sistemnya cukup canggih. Kita juga memantau telpon2xnya pegawai Fraud Detection dan Fraud Recovery. Artinya kita harus mengawasi dan memastikan mereka menerima telpon customer2x, dan sesuai dengan jadwal kerja mereka, dimana itu juga meliputi waktu makan siang dan waktu istirahatnya mereka. Pertama-tama cukup sulit, tapi setelah berbulan-bulan kemudian, gue "nangkep" maksudnya dan jadi terbiasa dengan sistem kerja Ops Desk. Lama2x, gue jadi suka deh!

Kadang2 Irene suka datang mengunjungi kantor cabang kami di Tigard. Dan kalo Irene dateng, kita semua pasti makan enak deh. Irene ini punya cara yang bagus untuk menikmati hidup! Dia selalu bilang,"Kita ini kerja serius, tapi ada have fun-nya juga, biar nggak stress." Gue sih setuju2x aja, hihihihi. Kadang2x kita semua makan di restoran Sanchez (masakan Meksiko, enak banget! Terutama menu yang namanya Sopes! Yum), pernah juga pergi river cruise di Portland, terus ke Multnomah Falls yang sejuk2x dingin, juga ke resto Beni Hana di Tigard. Pokoknya asik banget deh acara kumpul2nya!

Setelah setahun, akhirnya cabang di Salinas dibubarkan oleh kantor pusat. Jadinya tim gue hanya terdiri dari orang-orang yang hanya kerja di Tigard. Sedih deh. Soalnya temen2x Salinas tuh kompak banget, dan asik berat kalo diajak bergaul. Mereka membuat kerja gak jadi suntuk. Jadi ringan gituh. Dan terus terang aza, semenjak gue kerja di Ops Desk, gue jadi memperhatikan penampilan. Lah, mereka semua kayak model gitu penampilannya, hehehe, gue jadi ketularan dech. Ikut-ikutan fashion! 

Dari team Salinas, hanya 3 orang yang hijrah ke Tigard, Oregon: Lorena, Annie, dan Dion (anak baru dari Fraud Detection Salinas). Dion ini orangnya baik, lucu, dan mau belajar. Salut deh gue dengan semangatnya doi! Irene memutuskan untuk gak pindah ke Tigard, jadi dia lagi cari2x pengganti. Beberapa bulan kemudian, Irene akhirnya memutuskan untuk mempekerjakan Daniel, dimana Dan ini nantinya jadi boss gue di Ops Desk, dan juga jadi boss gue di episode berikut: WorkPlace: Capital One (IMC).

Tim Ops Desk Tigard sendiri juga berubah. Sekarang tim kita adalah: gue, Betty (wanita senior yang baik, rendah hati, pintar bergaul, dan crafty!), Li (serasa kayak adik gue sendiri deh! pintar pula, punya master degree segala lho!), Dion, Ben (cowok kece ini nantinya jadi manajernya Lloyd di Fraud Detection! orangnya baik dan punya kemampuan bicara yang bagus sekali! gue harus banyak belajar dari dia!), Bill (dulu dia ini adalah pimpinan Fraud cabang Filipina! Hebat ya~!), Lorena, Annie, dan tentunya Pak Dan yang ditraining langsung oleh Irene. Karena Juanita nggak ikutan pindah ke Tigard, akhirnya gue yang malah jadi diserahi tugas banyak untuk mengelola tim Ops Desk. Jadi bangga juga, itung2 jadi tangan kanan boss, hehehe.

Karena jadi "tangan kanan" boss, artinya gue juga harus mengatur jadwal kerja rekan2 kerja gue di Ops Desk. Ngatur jadwal kerja berarti termasuk audit liburan tahunan mereka, dan juga memastikan jadwal harian mereka juga terurus. Nah lho, tambah banyak deh kerjaannya. Tapi gak pah2x, gue dengan senang hati dan rela kok mengerjakannya. Itung2x tambah pengalaman. Terus juga ikutan rapat mingguan bersama manajer2x Fraud Detection seminggu sekali. Juga kadang2 ketemu sama manajer2x Fraud Prevention dan Fraud Recovery, untuk membahas ide2 baru untuk penerapan jadwal kerja dan audit liburan tahunan pegawai2x di departemen2x yang bersangkutan. Pokoknya keren abis deh! Seumur2x gue blum pernah punya pengalaman berharga kayak gini!!!

Karena prestasi gue yang cukup menyakinkan di Ops Desk, suatu hari Dan menawarkan gue posisi baru di departemen IMC (Integrated Mission Control), semacam Ops Desk juga tapi lebih dalam dan luas lagi jangkauannya. Kalo Ops Desk yang aku tangani sekarang hanya untuk departemen Fraud Tigard saja, IMC ini mencakup sekitar 8-10 departemen lain (seperti Care, Collections, Fraud, Disputes, dan yang lain2x), dan tidak hanya satu daerah saja, tapi berbagai macam kota seperti Las Vegas, Sioux Falls, bahkan sampai cabang2 di Alabang, Filipina, segala!! Hebat dech!

Setelah gua bicara dengan suami dan dipertimbangkan masak2x, akhirnya gue memutuskan untuk menerima tawaran Dan. Tapi gak semudah itu masuk IMC. Pertama2x gue harus diwawancara lagi. Harus dites lagi.  Untungnya gue lulus wawancara dan diterima!! Gue dan Betty resmi masuk IMC tanggal 17 Maret 2014. Nah, ceritanya yang ini bersambung di blog post berikutnya dech.  

Sebelum gue berpisah dengan Ops Desk, gue sempet kumpul2 lagi sama temen2 Ops Desk dan perpisahan main boling di Big Al's Bowling di kota Beaverton, Oregon.  Jadi sedih, tapi ya mau gimana lagi. Gue kan juga harus berkembang dengan pengalaman2x baru lagi.

Lucunya, nanti, beberapa bulan kemudian (setelah gue dan Betty settle di IMC), eeeh, boss Ops Desk gue Dan, nanti juga ikutan gabung jadi boss baru gue di IMC!!! Lucu ya! Dunia itu sempit! Hehehe.

Nah, begitulah cerita pengalaman gue sebagai Ops Desk di Capital One. Sangat berkesan dan gak mungkin dilupain begitu saja deh. Gue mau ngucapin terima kasih banyak untuk semua rekan2 kerja Ops Desk, dan juga rekan2 kerja di Fraud Detection, Prevention, Recovery, dan semuanya yang turut membantu gue dalam masa2x kerja paling menyenangkan di hidup gue!! :)

No comments: