Saturday, September 23, 2017

Resep Awet Muda



1. Banyak senyum
Orang yang banyak senyum biasanya hidup lebih hepi. Percaya atau tidak, senyum itu adalah obat untuk mengurangi stress. Kita bisa lebih 'nrimo' atas keadaan yang terjadi pada diri kita, dan bahkan bisa membangun tekad untuk menghadapi masalah yang perlu dipecahkan. Senyum juga membuat kepribadian kita tampak lebih menarik

2. Sering bahagia
Sering-seringlah merasa bahagia. Bahagia itu bukan kondisi, tapi sebetulnya adalah perasaan. Nggak berarti kita harus ketawa terus. Tapi maksudnya adalah supaya kita merasa tercukupi dan puas dengan keadaan kita yang sekarang ini. Istilah kerennya, gratitude. Merasa bersyukur atas hal-hal positif yang terjadi dalam diri kita, akan membuat kita tetap tampil awet muda.

3. Jaga makan
Tambah usia berarti tambah risiko untuk kena penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, atau diabetes. Tambah usia berarti kita harus kontrol jenis makanan, supaya kita bisa mencegah penyakit-penyakit yang nantinya bisa membunuh kita. Jauhi makanan berlemak, goreng-gorengan, dan soda. Konsumsi anti-oksidan, misalnya blueberry, brokoli, dan tomat. Banyak makan makanan berserat untuk menjaga kesehatan pencernaan kita.

4. Hidup sesimpel mungkin
Hidup sederhana bukan berarti mengasingkan teknologi. Justru teknologi akan mempermudah hidup kita dengan hal-hal yang praktis. Contohnya mencuci pakaian. Apakah anda lebih memilih untuk pergi ke sungai terdekat sambil membawa papan bilas dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk nyuci pakaian di sana? Atau cukup sisihkan waktu 20 menit untuk mencuci baju menggunakan mesin cuci? Gunakan teknologi untuk membuat hidup anda semudah mungkin, supaya anda punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan keluarga!

5. Berpikir positif
Orang yang berpikir positif selalu tampak lebih muda dari usianya. Mereka menjauhi stress yang tidak perlu dan tidak menambah kerutan di mata mereka. Pikiran positif punya dampak sepuluh kali lebih hebat daripada pikiran negatif. Sering-seringlah membaca artikel-artikel pembangunan diri (self-help) supaya anda terus mengasah pikiran anda ke jalur yang positif.

6. Cukup tidur
Pada saat kita tidur, otak menjadi rileks dan melepaskan toksin-toksin ke jalur pembuangan yang tepat. Kita "memberi makan" sel-sel otak kita dalam tidur. Kadar glukosa dan fungsi endokrin dipertahankan dalam level yang semestinya dan ini mencegah kita untuk rawan penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas. Tidur 8 jam sehari adalah syarat mutlak untuk selalu awet muda.

7. Stimulasi otak
Otak kita ini terus berkembang dari hari ke hari. Orang yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui kegiatan asah otak, seperti hobi, pekerjaan, dan pelajaran biasanya akan mengurangi kecenderungan terkena penyakit Alzheimer sebesar 35-40%. Game itu bagus untuk tetap jadi awet muda!

No comments: