Friday, September 16, 2016

WorkPlace: HSBC (ISG)

Waktu gue kerja di HSBC, pas tahun 2010-2011, gue sempet kerja rotasi di bagian ISG : Internal Support Group. Ini departemen khusus di bawah pimpinan manajemen senior kartu kredit untuk bagian customer service dan collection.  Tugas2nya adalah jadi asisten2 kecil bagi para manajer senior yang mengepalai divisi2 itu. Karena tipe kerjaan ini adalah rotasi, alias bukan posisi tetap, ini adalah break yang menyenangkan semasa gue dulu jadi kolektor.

Pertama2x, gue diwawancara oleh calon bos gue, Cassie.  Doi ini mirip sekali sama penyanyi favorit gue, Celine Dion! Yang gue suka dari Cassie, dia ini kalo ketawa lepas, bikin orang jadi pengen ketawa. Dia juga tipe boss yang tegas, lugas, tapi menarik deh kepribadiannya. Di waktu bulan pertama gue diterima kerja di ISG, gue ingat Cassie membawa kita semua anak2x baru ke restoran Cheesecake Factory di Washington Square Mall. Yum!! Terima kasih ya Cassie!

Selain gue, ada 3 orang lain yang diterima di ISG, yaitu:
- Tracie : wanita keturunan Hawaii - Jepang ini pintarnya luar biasa. Kalo ngomong cepet banget. Dan Tracie ini kebetulan lagi hamil anak ketiga (yang nantinya dinamai Hokulani), jadi kadang2 gue suka ngeliat dia ngelus2x perutnya pas lagi kerja, hehehe.
- Marina : wanita muda keturunan Rusia ini baju2nya selalu bagus. Terkesan formil dan professional. Di adat kebudayaan keluarganya, wanita nggak boleh pake celana panjang/pendek, jadinya dia selalu pake rok bawahan. Terus nantinya, setelah dia selesai masa rotasi ISG, dia akan menikah dengan pacarnya, nah setelah menikah, dia selalu pakai topi untuk menutupi kepalanya. Lagi2x karena adat tradisi, wanita yang sudah menikah tidak boleh keluar rumah tanpa kerudung kepala. Menarik juga ya budayanya?
- Travis : bapak empat anak ini orangnya baik, ramah, dan tidak sombong. Dia betul2x phlegmatis abis, artinya mudah diajak berteman, dan gue kayaknya nggak pernah liat dia marah deh. Sabarnya setengah mati! Seru pula kalo diajak ngobrol, pokoknya asik punya!

Kerjaan kita macem2x di sini. Kadang2 sebulan sekali kita dekorasi ruangan untuk TownHall, persiapkan mike dan sound system lainnya, nulis cek besar sebagai simbol penghargaan untuk pemenang2x Town Hall, dan lain sebagainya. Kita masing2 juga punya tugas sendiri2x. Gue diserahi tugas untuk menangani semua aplikasi hardship dari departemen collection. Ini adalah salah satu hal yang paling gue gemari. Awalnya susah, tapi lama2x gue nangkep maksudnya, dan jadi gampang mengerjakannya.

Terus kadang kita suka dikasih proyek2x khusus. Akhir tahun 2010, gue diserahi tugas untuk menangani kontes Galaxy Star (atau yang kayak gitu2x deh temanya). Gue juga udah lupa apa detailnya, tapi secara garis besar, ini adalah kompetisi bagi para team2 kolektor untuk mencapai planet2 dari planet Merkurius sampe planet terakhir, Neptunus. Maunya sih taruh Pluto, tapi sayang Pluto bukan planet lagi katanya. Seru juga, bikin poster2 besar untuk 34 team, terus mengawasi hadiah2 yang nanti akan diberikan untuk para pemenang.  Boss gue yang lain, Kevin, turut membantu banyak dalam kontes ini.

Sebulan sekali kita berempat juga harus datang super pagi (jam 3 pagi gitu) untuk melakukan sweep di floor yang namanya clean desk policy. Agak silly sih, tapi ya namanya juga peraturan perusahaan. Kita harus memastikan tidak ada informasi penting berceceran di meja kursi untuk 2 gedung : gedung A dan gedung B. Wah, paling males nih kalo udah harinya clean desk policy kayak gini. Karena itu artinya gue harus bangun super pagi, (dan memang pulangnya pagian, jam 10an gitu), tapi itu kan agak2x menganggu siklus tidur gua jadinya. Sniff.

Nah, kebetulan gara2xnya clean desk policy ini, gue kena kecelakaan mobil. Dua kali pula! Mungkin karena kurang tidur atau gimana gitu. Kecelakaan pertama terjadi sekitar Thanksgiving 2010 (bulan November). Ada truk gede di samping gue, dimana muatannya jatoh dan kena kaca mobil depan gue! Not my fault dong. Setelah gue udah agak ilang trauma2 gara2 kecelakaan pertama, ehhh pas bulan Maret 2011, gue kena kecelakaan lagi! Kali ini ada pengemudi gila yang tau2x pindah jalur ke jalur gue dan nabrak bagian belakang mobil gue. Gak cuma itu, setelah dia nabrak gue, dia percepat dia punya mobil untuk ke samping gue, terus nabrak gue lagi dari samping kanan!!! (Untung pengemudi di sini duduknya di bagian kiri). Mana itu mobil baru pula, KIA Forte warna merah yang cantik. Huh! Lagi2 bukan salah gua. Akhirnya setelah dibereskan, mobil gue nggak bisa diselamatkan. Sedih!

Gara2x kecelakaan ini, gua terpaksa menolak perpanjangan kontrak ISG yang tadinya berakhir di bulan Maret-April. Karena hasil kerja gue yang cukup bagus lumayan, para petinggi di kantor gue mau menawarkan perpanjangan kontrak gue di ISG. Tapi gue sudah trauma nyetir sendiri jarak jauh kayak gitu (25 mil jarak dari rumah ke kantor). Untunglah suami gue kerja satu kantor sama gue, jadinya gue balik ke departemen collections dan pergi kantor bareng2x suami gue. Boss gue saat itu, Jean (gantian, dulunya Cassie sekarang Jean), menasihati gue untuk mencoba menghilangkan trauma itu. Jean ini orangnya baik, sabar, humoris pula. Gue sayang banget sama Jean karena orangnya itu... baikkkk banget deh! Sayang akhirnya Jean pindah balik ke New York waktu divisinya dia dibubarkan.

Untuk sementara waktu gue nggak mau nyetir. Suami yang nyetir. Tapi Lloyd itu orangnya baik juga, dia nggak mau gue trauma terus2an. Dia mendorong gue untuk nyetir lagi dan menghadapi ketakutan gue. Jadinya gue mulai berani nyetir lagi dikit2x. Dan lama2 trauma itu pun hilang.

Setahun setelah gue di ISG, salah satu manajer di grup senior management, namanya Kevin, dia mendorong gue untuk apply posisi permanen di ISG. Akhirnya bukan rotasi lagi, tapi posisinya dibuat permanen. Tapi ya itu lagi, semangat gue agak2 ciut kalo inget kecelakaan. Karena kalo gue terima posisi ini, artinya kerja pagi, dimana gue dan suami skarang kerja kolektor kan shift siang-malem. Gue terpaksa sekali lagi menolak tawaran menggiurkan ini. Sigh. Kalo gue kerja bareng2x satu divisi dan satu shift sama Lloyd, kan artinya gue nggak usah nyetir sendiri.  Tapi gue terima kasih sama Kevin yang masih ingat sama gue dan percaya sama kemampuan gue.

ISG ini cuma 7-8 bulan, tapi pengalamannya menyenangkan!

No comments: