Sunday, October 30, 2016

WorkPlace: Bank of America (Banker)

Tanggal 28 Desember 2015, 3 hari sebelum akhir tahun, gue resmi jadi karyawan baru untuk Bank Of America, sebagai Personal Banker. Ini betul2x posisi impian sejak gue pindah dari Indo ke Amrik, semenjak dari tahun 2005. Setelah satu dekade, berhasil juga gue meraih posisi ini! Kalian kan tau, untuk menjadi bankir adalah sesuatu yang selalu gue impikan sejak dari jamannya gue jadi direct sales di Jakarta dulu. Seneng deh!

Berbulan-bulan sebelumnya, gue diinterview oleh calon bos gue, yang namanya Bapak Gautam, di cabang Camas, Washington. Gue agak deg2an juga lho pas interview, soalnya gue udah lama banget tidak berkiprah di dunia perbankan lagi. Maksudnya, pengalaman sembilan tahun terakhir kan di dunia call center, apakah dia akan memberi gue kesempatan?

Tapi untungnya, setelah berminggu2 kemudian, gue denger jawaban dari recruiter yang nelpon gue pada tanggal 11 Desember 2015 (dimana itu bertepatan dengan hari terakhir gue kerja di Capital One pula!), bahwa gue diterima! Hore!

Jadilah hari Senin, 28 Desember 2015, gue training sama komputer dulu di cabang downtown Vancouver, Washington. Manajer cabang di sini namanya Natalie, cewek tinggi berambut cepak, yang nggak segan2 membantu gue kalo gue ada pertanyaan2x sebagai anak baru, hehe. Gue juga kenalan sama relationship banker yang namanya Rachel, doi sudah 3 minggu gabung di bank kita, dan juga lagi menjalani masa2x training komputer.

Setelah satu minggu training di downtown Vancouver, training berikut berlanjut di cabang Fisher's Landing. Manajer cabang di sini namanya Paula, wanita berdarah Brasil dan berambut hitam sebahu. Doi juga tinggi sekali seperti Natalie! Sukanya ngegym jam 6 pagi sebelum ngantor. Makanya bodynya bagus sekali deh, kayak model aza! Banker yang ikutan mentraining gue namanya Michael, cowok berumur 27 tahun yang humoris dan suka bercanda. Asisten manajernya namanya Brittany, terus teller2 di sini namanya Brianne, Brianna, dan Vera. Terus, gue juga kenalan sama Brent, yang menjabat sebagai penasihat keuangan dari Merrill Edge (perusahaan partneran bank kita dengan perusahaan investasi Merryl Lynch).

Ada cerita lucu tentang Michael dan pacarnya. Jadi fast forward dua bulan kemudian, it's Valentine's Day. Michael order bunga untuk pacarnya sebagai kejutan. Tapi sayangnya bunganya tidak terkirim!! Jadilah dia marah2x sama toko bunga, kok bunganya nggak dikirim... kasian deh kau, Mike!

Nah, kebetulan boss gue Gautam itu bakalan pindah ke Michigan karena ibunya sakit keras. Jadinya gue kenalan sama boss baru yang namanya Brent. Orangnya stylish, modis, dan rambutnya selalu rapi. Brent ini betul2 tipe orang korporat, tapi sebagai manajer dia itu bagus sekali. Dia selalu percaya akan kemampuan gue dan mendorong gue untuk sukses. Dia selalu bilang,"I never worry about you." Gue merasa beruntung sekali bisa kerja di bawah pimpinan dia. Dan gue masih harus banyak belajar dari Brent ini. Mudah2an dia jadi boss gue untuk masa waktu yang lama, ya!

Setelah masa2x training itu selesai, akhirnya gue ditempatkan di cabang Orchards di awal bulan Maret 2015. Seneng banget deh pas gue tau kalo gua akan ditempatkan di cabang yang satu ini. Soalnya ini cabang paling deket dari rumah (what a dream come true!), cuma 7 menit kalo ngebut, dan 10 menit kalo lampu merahnya nyala. Hihihi, asik kan?!

Pimpinan cabangnya namanya Angie. Orangnya betul2x sanguin-koleris abis! Tegas, lugas, dan selalu ceria. Enerjik banget biarpun umur sudah 46. Doi punya pengalaman banyak di dunia perhiasan, secara 15 tahunan lebih dia kerja di bidang itu. Akhirnya suatu hari dia memutuskan untuk nyoba2x bank, dan dia dipromosi secara cepat dari banker ke branch manager. Pemimpin yang kuat dan jarang salah. Dan yang gua suka banget dari dia tuh, dia selalu melemparkan apresiasi yang banyak untuk anak buahnya, termasuk gua! Hampir tiap hari dia ngomong sama gue kalo dia bersyukur punya karyawan kayak gua! Nah lho... apa gak kebalik? Soalnya sejujurnya nih, gue merasa (dan juga bilang ke doi) kalo dia ini adalah salah satu bos terbaik yang pernah gue miliki! Beneran deh! Gue juga sangat terbuka sama Angie, dan dia juga kalo ngomong blak2an. Apa yang dipikirkan langsung dilontarkan. Di bawah pimpinan beliau, cabang kita termasuk cabang yang berkembang pesat, terutama dari segi nilai pelayanan nasabah.

Asisten manajer di sini namanya Scott. Pria berumur 32 ini kelihatannya kaku dan formil, tapi kalo sudah kenal deket, kita bisa dibecandain abis2an! Doi sudah kerja di bank kita selama sebelas tahun terakhir. Jadi kalo soal urusan prosedur dan jalur2 formal bank, dia ahlinya deh. Dia banyak memberi masukan pada gua dan banker2 baru di Orchards, terutama kalo kita membuat kesalahan dalam mengisi formulir2x atau aplikasi di komputer bank. Gue sangat bersyukur punya asisten manajer yang teliti dan mendetail seperti Scott, karena hal2x ini sangat penting bagi operasional cabang. Apalagi kalo sudah menghadapi audit kwartalan, wah, kalo nggak ada Scott, bisa kena audit deh kita!

Scott punya rencana untuk pindah ke perusahaan tempat kakaknya bekerja, jadi kita punya tambahan anggota baru beberapa minggu terakhir ini, yaitu Kimlyn. Nantinya Kimlyn ini akan menggantikan posisi Scott sebagai asisten manajer. Cewek berdarah Asia ini pintar, kalo ngomong cepet banget, dan modis banget penampilannya. Yang gue suka dari dia itu, dia selalu responsif sama pertanyaan2x gue, dan selalu menyapa gue kalo ketemu gue! Baik ya? :)

Banker2 di sini juga "anak2x baru", selain gue tentunya. Oh iya, nantinya nama titel Personal Banker ini akan berubah menjadi Relationship Manager. Giliran gue "dipromosi" adalah bulan Agustus 2015. Tapi itu berarti target bulanan juga meningkat. Nah, para RM kita adalah sebagai berikut:
- Dylan (Mar - Apr 2015) : anak muda berumur 22 ini kalo nyetir cepet dan suka kebut2an. Rambutnya disisir ke samping seperti Justin Bieber. Eh beneran deh, kalo ngeliat Dylan, gue jadi inget Justin Bieber. Lucu ya? Hehehe. Yang lebih lucu lagi, kata Angie, semenjak gue ditempatkan di Orchards, Dylan suka nggak masuk kerja. Entah kenapa. Akhirnya dia resign dan kerja di bank lain.
- Andrew (May - Aug 2015) : cowok tinggi berumur 25 ini masih single lho, ladies and gentleman! Orangnya sabar, baik, nggak pernah marah, lucu dan humoris pula. Sayang dia suka nggak masuk kalau ada sesuatu yang terjadi dengan keluarganya (ayahnya kena sakit jantung, Andrew sendiri pernah kena kecelakaan mobil di kurun waktu ini, dsb). Andrew memutuskan untuk pindah tinggal di Redmond, Washington, untuk tinggal bersama kakaknya. Jadinya dia pindah ke bank kita cabang Redmond.
- Eddie (Aug 2015 - sekarang) : bapak berumur 33 ini punya anak perempuan satu umur tujuh tahun yang manis sekali. Eddie juga orangnya kalem dan sabar. Dia ini dulunya adalah pimpinan cabang Verizon lho! Kayak Angie gitu! Tapi dia memutuskan untuk pindah jalur perbankan, soalnya kalo bank jam kerjanya kan 8pagi - 5sore, nggak kayak toko Verizon (jualan servis selular/handphone) yang bisa sampe jam 10 malem. Yang gue salut dari Eddie adalah semangatnya untuk mencoba dan terus belajar. Gue jadi inget, pas hari2 pertama dia masuk, dia dateng ke meja gue, duduk, dan konsultasi sama gue!! Dia tanya gue, udah berapa lama gue kerja di dunia perbankan. Dia juga minta tips2 supaya sukses jadi banker. Wah, angkat topi deh gue sama dia. Karena dia mengingatkan gue pada... diri gua sendiri! Gue juga orangnya mau belajar dari orang2 yang sudah lebih banyak pengalaman dari gue!! Gue ngerasa kita berdua bakalan cocok nih!

Selain RMs, cabang kita juga punya Relationship Banker (fifty2x gitu, setengah banker, setengah teller), yang namanya Aurora. Cewek muda berdarah Meksiko ini masih muda, deh. Umurnya baru 21 tahun! Hebat ya... udah kerja di bank! Dia ini kadang kerja sebagai banker, bareng2 gue dan Eddie, kadang kerja sebagai teller, tergantung dimana kebutuhan cabang pada hari2x tertentu. Sekarang ini Aurora lagi hamil anak pertama. Yah, kudoakan semoga lahirannya sukses deh!!

Beberapa bulan kemudian, kita punya tambahan rekan kerja baru: Caitlin sebagai Relationship Banker menggantikan Aurora dan Cyndy sebagai asisten manager menggantikan Scott yang akhirnya ditempatkan di cabang lain. Caitlin ini orangnya cantik luar biasa! Pantes deh jadi model atau aktris beken!! Orangnya juga baik dan pintar! Dia selalu kasih komplimen gratis pada kita2x dan gue slalu demen mendengarkan cerita2nya dengan pacarnya Joseph.

Cyndy, cewek humoris berdarah Filipina ini... ck ck ck, kocak abis!! Doi doyan bercanda dan bikin suasana jadi gak terlalu serius. Rambutnya hitam legam dan panjang sepinggang. Kalo perlu serius ya dia serius, tapi rata2x Cyndy selalu nyelipin joke2x lucu! :)

Para teller di cabang kita:
- Yasi : Wanita berdarah Persia ini umurnya baru 26 tahun, anak lelakinya satu baru umur dua tahun. Yasi ini punya satu kesamaan hobby sama gue. Kita berdua doyan banget nonton serial TV Psych. Kadang gue nonton bareng Yasi pas lagi lunch lewat cell phonenya dia. Thank you ya, Yasi!
- Jess : Ibu anak tiga ini juga masih muda, umur 26 tahun, dan berasal dari keluarga Meksiko. Kalo udah ngomong bahasa Spanyol sama Aurora, dunia jadi milik mereka deh. Hehe. Jess ampir mirip sama Yasi, sama2x suka nonton TV shows di cell phonenya. Dia lagi doyan nonton Nurse Jackie tuh.
- Alex (alias Alexandra) : Sekarang ini Alex lagi cuti hamil, karena dia baru lahiran anak keduanya. Alex punya inspirasi untuk suatu hari nanti jadi asisten manajer seperti Scott, makanya dia suka dikirim ke cabang2 lain untuk membantu operasional cabang2x yang bersangkutan. Wanita berdarah Irlandia ini punya suami yang namanya juga sama, Alex!
- Sofia : cewek berdarah Ukraina ini masih umur 18 tahun lho! Masih "hijau", hehehe. Dia suka ngobrol dan enak kalo diajak bercanda. Dia adalah tambahan terbaru untuk team teller kita. Pintar bicara bahasa Russia. Kebetulan! Soalnya cabang Orchards ini banyak nasabah2 dari Eropa Timur, dimana mereka semua bicara bahasa Rusia!
- Karen : ibu berumur 60 tahun ke atas ini sudah lama sekali kerja di bank kita. Sudah lebih dari 30 tahun kali! Suaranya berat serak2x basah. Badannya kurus sekali! Karen ini kerja part-time, jadi nggak masuk tiap hari. Dan akhirnya dia pensiun beberapa bulan yang lalu.
- Colin : cowok modis yang satu ini paling suka makan sushi! Jadi mengingatkan gue bahwa gue harus pergi ke restoran Sushi sebulan sekali paling enggak! Rambutnya tertata rapi, dan dia suka pake syal. Pokoknya keren deh. Sayangnya Colin akhirnya pindah ke cabang lain di luar kota, dimana dia akan tinggal bersama neneknya.
- Vildana : Cewek cantik berdarah Albania berumur 19 tahun ini sudah persis deh kayak modelnya Instagram. Doi orangnya baik, suaranya halus, rambutnya panjang sepinggang, pokoknya kalem manis cute abis deh!
- Sara : Teller yang satu ini tadinya pindahan dari IQ Credit union, dimana dulunya dia adalah vault teller di sana. Alasan dia pindah ke sini? Soalnya ibu mertuanya adalah pimpinan cabang kita, untuk cabang Fourth Plain. Ya koneksi dikit2 lah. Hehehe. Sara udah married, punya anak satu umur 5 tahun yang namanya Ryder kalo nggak salah.

Gue juga punya partner2x bisnis di sini :
- Yang ngurusin pinjaman rumah: Frank, Marcy, Jenny
- Yang ngurusin bidang perusahaan2x bisnis skala kecil & menengah : Joe, Nick, Sheila
- Yang ngurusin mesin untuk menerima kartu kredit, debit : Kim, Roberto
- Yang ngurusin investasi keuangan dari Merril Edge: Brent, Nadya

Hari2 di Bank of America ini sangat menyenangkan deh. Setiap hari selalu sibuk. Ada aja yang dikerjain. Untungnya gue rata2 masuk target kwartalan (yang penting target kwartalan, bukan bulanan). Dan setelah berbulan2x kerja di bank ini, gue merasa "hidup" lagi. Aneh! Gue merasa bahagia, terpenuhi, dan punya feeling kalo masa depan gue akan terus cerah! Mungkin itulah perasaan dimana kita kerja di bidang yang kita gemari. Kerja jadi terasa ringan. I love my work here!

Mungkin saking kesenengan kerja di dunia banking lagi, hasil kerja gue ternyata membuahkan prestasi yang membanggakan tiap bulannya. Sejak bulan Oktober 2016 sampai saat blog ini diedit (hari ini tanggal 26 Oktober 2017), gua selalu masuk target bulanan dan kwartalan. Dan ajaibnya, hasil prestasi kwartalan ini juga selalu tambah meningkat, dari 102%, 110%, 141%, dan bahkan kwartal terakhir (kwartal ketiga tahun 2017), malah melesat jadi 154%!!! Padahal gak gampang loh untuk masuk target! Puji Tuhan deh!!!

Para petinggi2x di sini sungguh menghargai kerja keras gue, dan mereka menganugerahi beberapa penghargaan seperti berikut:

Relationship Manager (2016 - Present)
Achievement:
- Q3-2017 Top Performers Luncheon with Nathan Nguyen, SVP Consumer Banking and Merrill Edge Region Executive
- Southern Washington August 2017 Associate of the Month
- Leadership Development Program
- Q2-2017 Top Performers Winner
- Top Performer Luncheon with Aron Levine, Head of Consumer Banking and Merrill Edge and Gioia McCarthy, Managing Director, Consumer Banking and Merrill Edge Division Executive
- Q2-2017 Top Performer Luncheon with Nathan Nguyen, SVP Consumer Banking and Merrill Edge Region Executive
- Q2-2017 Corporate Title Promotion (to AVP - Assistant Vice President)
- Southern Washington July 2017 MVP/Banker of the Month
- Q2-2017 Rank#2 RM (Relationship Manager) out of 138 for Greater Washington and Oregon Division
- Southern Washington April 2017 Associate of the Month
- Southern Washington April 2017 MVP/Banker of the Month
- Q1-2017 Top Performers Winner
- Q1-2017 Financial Center Spotlight Award
- Q4-2016 Corporate Title Promotion (to Officer)
- Southern Washington November 2016 Banker of the Month
- Southern Washington August 2016 Associate of the Month

Personal Banker (2015-2016) 
Achievement:
- Q1-2016 Rising Star Winner

Tanggal 17 Agustus 2017 adalah hari yang sangat bersejarah dalam hidup gue. Kenapa? Karena pada hari ini, boss-nya boss gue, Nathan Nguyen, mempromosi gue untuk jadi Assistant Vice President! OMG!!!!!!! Seumur-umur nggak pernah gue membayangkan gue bisa dapet posisi bergengsi ini. Gak pernah terlintas dalam pikiran! Apalagi kalian kan tau perjalanan karir gue yang kadang melesat kayak meteor ke atas (DSR-PFC-CRM-Sales Manager), terus belok lagi ke bawah (Teller-Debt Collector), and mencuat lagi ke atas dikit (Ops Desk - IMC Analyst), dan mentok lagi ke bawah (laid off), and mulai dari awal lagi (Personal Banker terus Relationship Manager).  AVP ini adalah corporate title, jadi job group gue tetep sama yaitu RM, tapi sekarang ibaratnya gue RM tingkat 3 gitu lho. Tingkat 1 gak ada titelnya apa2x, tingkat 2 titelnya Officer, tingkat 3 AVP.

Gak cuma itu, Brent, boss gue yang bener2x menaruh perhatian pada gue atas hasil kerja keras gue selama ini, dia bilang dia akan mempersiapkan posisi gue berikutnya dengan mengusulkan pada Christine untuk mencalonkan gue sebagai Financial Center Operational Manager. Christine ini bossnya Angie, dimana Angie itu branch manager di cabang yang gue tempati saat ini. Dan Brent menempatkan gue untuk bergabung dengan kelas pertama Leadership Development program, yaitu program 6 bulan bagi para top RM mempersiapkan mereka untuk posisi berikutnya. Keren banget ya?

Nah, segitu dulu cerita tentang dunia kerja gue di Bank of America. I really love working at this company, this branch, and sekarang gue menjalani impian gua!! Living my dream! :)

No comments: