Thursday, October 26, 2017

Musuh Terbesarku

Hari ini gue diundang untuk menghadiri acara makan siang prestigius yang diadakan oleh perusahaan di tempat gue bekerja. Gak semua orang diundang. Hanya untuk beberapa saja yang lolos seleksi. Kriterianya ditetapkan oleh para boss besar, dan gue merasa beruntung sekali bisa terpilih untuk menghadirinya. Seneng banget deh!

Mereka mengadakannya di restoran Beaches. Gue dulu udah pernah ke restoran ini sekali (beberapa tahun lalu). Jadi gue agak lupa2x ingat rute perjalanannya ke sana. Karena kurang PD (percaya diri) kalo nyetir sendiri ke sana, jadilah gue sepakat sama salah satu rekan kerja gue yang mumpung sekantor untuk pergi bareng2x ke sana. Istilah kerennya: nebeng, yang merupakan salah satu bakat spesialku sejak dini, hehehe.

Gue udah janjian sama si A (kita sebut saja doi A untuk cerita ini) kalo gue akan ketemu dia di kantor jam sebelas seperempat, karena acara makan siang ini diadakan tepat jam dua belas. Karena hari ini gue dijadwalkan libur (hore!), berarti gue akan mampir ke kantor dulu supaya kita bisa pergi bareng.

Nah, hari yang dinanti2kan tiba, yaitu hari ini. Gue udah tau kalo gue mesti nyampe kantor jam sebelas seperempat. Gue bangun pagi sperti biasa (gak super pagi banget lah, kan libur, jadi bisa tidur agak lamaan sedikit). Habis bangun pagi, ya berarti acara bebas sebelum jam yang sudah ditetapkan. Asik! Bisa main game, bisa ngeblog, nonton tipi, pokoknya haleluya dech! Biasanya tiap hari kan ngantor dari pagi sampe sore, pulang masak buat makan malam, terus acara main gamenya kan abis makan malam.

Saking asiknya gue menikmati acara bebas di pagi hari sebelum ketemuan sama si A, gue sampe nggak inget waktu.  Gue melihat jam di dinding, tapi nggak kepikir kalo gue kan mesti siap2x pake make up, baju, tata rambut, dan segalanya sebelum jam sebelas. Pas gue ngeliat jam lagi, waktu udah menunjukkan jam sebelas seperempat. Nggak tau kenapa gue mikir pada jam itu lah gue harus stop acara bebas pagi dan mulai siap2x. Salah besar!!! Mestinya gue siap2x jauh sebelum jam sebelas seperempat, karena si A kan udah nungguin gue!! Haleluya jadi halelupa!!!

Gue langsung panik kalang kabut. Hal pertama yang gue lakukan adalah kirim text ke si A minta maaf bahwa gue akan telat. Mungkin si A punya pikiran yang sama, jadinya jam sebelas lewat dua enam doi telpon gue. Gue bilang,"A, sorry banget nih gue nggak taruh perhatian sama waktu, elu pergi dulu aja deh ke restoran itu, gue nyusul belakangan, jadi kita langsung ketemu di sana ya?". Untunglah si A nggak marah. Dan untung pula restorannya nggak terlalu jauh2x amat sih. Dan nggak ada acara macet soalnya kan bukan jam pulang-pergi kerja.

Berikutnya, gue langsung buka google map untuk mencari tau rute untuk pergi ke restoran Beaches. Alamaak!!! Google map bukannya ngasih tau rute yang mesti gue tuju, tapi ini pake acara "you must intall this app" this and that. Walah! Gue udah nggak punya waktu, ini google macem2x segala minta gue melakukan hal yang akhirnya tidak gue lakukan deh. Soalnya gue kan musti hati2x, jangan download sembarangan, jangan click link yang macem2x, mana tau itu scam.

Gue tau waktu udah nggak banyak lagi, soalnya gue mesti ciao sekarang kalo mau tiba di restoran tepat waktu. Akhirnya setelah dandan serba kilat, gue cabut dari rumah sekitar jam setengah dua belas, dan ngebut kayak setan jalanan. Dan selagi gue nunggu di lampu merah, gue berpikir,"Time is my worst enemy = waktu adalah musuh terbesar gue."

Tapi satu detik kemudian, gue mikir lagi,"No, I am my worst enemy = gue adalah musuh terbesar gue!"

Coba kita telusuri pemikiran ini. Gue udah tau kalo gue mesti ketemu si A jam sebelas seperempat. Tapi apa yang gue lakukan? Keasikan main ini itu, ngeblog kanan kiri, baca artikel2x di fesbuk dan linkedin dan segudang artikel2 lain di web2x, yang membuat gue jadi ketayalan sama jadwal yang sudah ditetapkan. Waktu jalan terus. Kalo gue bisa mempersiapkan diri lebih baik, mestinya gue disiplin sama diri sendiri seperti menetapkan waktu dari awal untuk stop acara bebas jam sepuluh tiga puluh, supaya bisa punya waktu empat puluh lima menit untuk dandan dan siap2x dan tiba di kantor dan ketemu si A tepat waktu.

Waktu bukanlah musuh terbesarku. Akulah musuhku sendiri pada saat itu. Waktu mah jalan terus. 60 detik sekarang dengan 60 detik sepuluh tahun yang lalu adalah sama. Tetap 60 detik. Satu jam sekarang dengan satu jam di lima tahun mendatang juga sama. Tetap satu jam. Jadi ngapain nyalahin waktu?

Tau kan ada orang yang berpendapat : Time get the best of you. Maksudnya kita kalah dalam let's say kompetisi tertentu karena waktunya sudah habis. Time's up, katanya orang bule di sini. Tapi kalo dipikir2x, sebetulnya bukan waktunya yang habis, tapi kitanya yang kurang persiapan dan tidak mengorganisir kegiatan kita dengan baik.

Dari pengalaman ini, gue berjanji untuk lebih baik lagi. Yang sudah lewat ya sudah. Tapi gue belajar banyak dari kisah hari ini. Lain kali, kalo ada acara penting kayak gini, gue harus berjanji pada diri sendiri untuk menjadwal kegiatan2x yang akan gue lakukan sebelum hari H. Boleh main game tapi nggak boleh lupa untuk stop setidaknya satu jam sebelum acara.

Akhirnya gua tiba di restoran Beaches, tepatnya empat menit setelah jam dua belas. Jengkel banget deh sama diri sendiri, soalnya gue paling nggak suka telat.  Pake acara nyasar pula. Tapi untung banget suami gue yang baik ngasih tau rute yang benar untuk pergi ke restoran ini. Jadi nganggu dia di kerjaannya, tapi mo gimana lagi? Aniwei, acaranya sendiri berjalan dengan lancar, dan gue pulang dengan perut penuh. Hehe.

Tapi beneran deh, gue bener2x mesti taruh perhatian pada waktu. Ada waktu untuk main, ada waktu untuk ngeblog, ada waktu untuk dandan, dan ada waktu untuk pergi dalam perjalanan menuju suatu tempat. Jadi gue harus memperhitungkan dari semula semua hal yang gue lakukan dalam waktu2 tertentu, supaya pengalaman ini nggak terulang lagi.

Supaya lain kali, bukannya menjadi musuh terbesar, tapi gue bisa jadi sahabat terbaik bagi diri gua sendiri! :)




No comments: