Monday, July 18, 2005

WorkPlace : Standard Chartered Bank (CRM)

Ok... ini adalah periode dimana gue mulai ngerasain jenuh kerja di bank. Kenapa? Soalnya environmentnya udah mulai gak enak. Pertama2 karena gue dipromosi secara paksa untuk meninggalkan retail banking ke cabang pondok indah yang masih nol. Client2 gue terpaksa gue say goodbye.. but.. gue minta referral dari mereka. Bisa aja kan mereka punya saudara2 yang belum punya rekening sama stanchart...

Hari pertama, tgl 17 Maret 2003, gue pindah dari lt 1 ke lt 7, dengan kondisi meja pribadi gue belon ada pesawat telponnya. Bagus! Gimana gue bisa kontek2 nasabah, coba?! Well, kenapa gue kerja di Lt.7? soalnya cabang pondok indahnya masih dibangun & belum jadi sampe agustus 2003...

Di sini gue satu tim dengan Made, Rosa, Pak Leo, Okye (baru pindah dari American Express), Vivi (baru pindah dr Citibank), dan Thedu!!! (Thedu ini junior gue dulu di atma, gue kenal pas di PDKK Hieronimus..). Dan beberapa teman baru lainnya. Di sini gue jadi bestfriend-an sama Vivi & Thedu. Oh ya, gue juga tarik beberapa temen gue yg lain : Tjun Tjun (dia ini gue kenal pas dulu gue suka ke Warnet MP Net di Gajah Mada, dia yang suka jagain warnetnya), dan Tuti (gue kenal dari business association). Dan my boss is Siska. Siska ini orangnya baik.  Doi suka traktir2 kita makan2 (thank you ya Sis!)

Gue gak sehepi kerja sebagai CRM dibanding PFC. Banyak tuntutan dari kanan kiri muka belakang. Nuntut gue training anak2 baru, nuntut gue sementara jadi admin juga karena kita belum rekrut admin staff, nuntut gue achieve target, intinya banyak bangeth tugas2 yang harus gue kerjakan dalam tempo yang super singkat. Dan kenapa gue yang dibebankan tugas ini? Soalnya gue yang paling senior, katanya.

Walau gue gak hepi, gue berusaha sekuat mungkin untuk bersikap profesional dalam melakukan tugas gue sehari2. Walaupun tiap hari rasanya malasnya minta ampun ke kantor (karena gue gak hepi & merasa gak belong there), tapi tetep aja gue berusaha achieve target. Pelarian buat gue adalah nasabah2. Jadi gue berusaha sesibuk mungkin buat appointment2 dengan client2x, dan pergi visit mereka sesibuk mungkin, supaya gue gak ada di kantor.

Kantor Pondok Indah jadi tgl 25 Agustus 2003, dan branch openingnya tgl 25 September 2003. Dengan kantor baru, hati lebih terhibur sedikit. Tapi lama2, yang namanya stress & suntuk, ya gak bisa ditahan2x lagi. Banyak peristiwa2 kecil yang lama2 menumpuk di hati gue. Sekitar awal November 2003, gue curhat sama bokap nyokap gue ttg hati gue yang bener2 tertekan dengan situasi kantor yang sikut menyikut.

Bokap nyuruh gue ambil cuti panjang (ya gak panjang2 amat, cuma 2 minggu kok, maklum, karyawan.. pasti masih dijatahin lah), dan bulan November gue bener2 gak mikirin kerjaan. Dan setelah balik dari cuti, gue lebih fresh dan punya tenaga baru untuk kerja lagi.

Salah satu kenangan manis di masa2x kerja ini, adalah saat dimana cabang kita mesti latihan nari, untuk nampil di acara Eagle of The Year. Siska lagi suka banget sama lagunya Jennifer Lopez "Let's Get Loud", jadilah dia nyewa guru tari untuk ngajarin kita semua nari!! Tiap sore abis kerja kita semua latihan gaya2x enerjik sesuai lantunan lagu Let's Get Loud. Gue musti ngafalin liriknya segala lho! Abis itu kita semua nampil di Eagle of The Year (gue lupa outingnya di hotel mana atau di daerah mana, mungkin di Bali kali ya?), tapi sayang kita nggak menang. It's okay, it was so fun deh ngumpul2x sama temen2x cabang lain! :)

Desember 2003.. i made a very great deal with client, dan kebetulan ada program dari SCB untuk deal itu.. yang achieve that deal (gue gak bisa ngomong.. sorry, rahasia perusahaan. hahaha) akan pergi ke Italy di bulan April 2004!!! Can you believe that?! Dan gue bener2 seneng bangeth dengan prestasi gue (sedikit menghibur gue dikit.. padahal tadinya bener2 gak ceria deh).

Tahun baru 2004 .. new hope. Day by day gue lalui dengan suntuk tapi hepi. Suntuk soalnya mesti ngadepin kerjaan gue tiap hari, tapi hepi karena berarti makin dekat hari2 ke Itali.. =) Udah ditentuin sih, akhir April 04.. makanya gue gak sabar. =) Tapi by the way, pas bulan February 04, gue dikasih liburan 3 hari ke Singapore dari stanchart.. ya gue ajak nyokap deh (sorry yach pa, soalnya cuma berlaku buat 2 orang..)

Maret 2004, bulan ini adalah titik balik buat gue. Karena di bulan ini gue deal satu project terbesar di Stanchart yang belum pernah terjadi!!! Dengan deal ini, komisi gue bisa dibilang meroket bangeth! =))))) Dan.. di bulan ini Lloyd ngelamar gue jadi istrinya, dan kita resmi tunangan =)))) It's a very very happy month!

April 2004, time to go to Italy! Gue pergi sama Ino (temen PFC gue dulu! Aduh, senengnya), Richard, Deffy, dan beberapa temen2 lainnya. Kita ke Roma, Florence, Milan.. asik bangeth. Naik gondola segala. =) Makan gelato di jalan.. liat2 butik di Milano tapi gak berani beli soalnya harganya mahal2 bok, apalagi pake Euro mata uangnya.. hiiiii serem...

Setelah gua balik dari Italy, boss gue bilang kalo komisi gue tidak bisa 100% gue dapetkan, malah gue cuma dapet 20%nya aja.Gila kan? Waktu gue fight balik soal hak gue, beberapa petinggi2 lainnya merubah peraturan2 yang intinya membatasi komisi banker. Gue bener2 kecewa berat. Gue bener2 sebel bangeth, kecewa, dan tiap hari masuk kantor pasti telat karena gue udah "mati rasa".

Hubungan gue yang tadinya baik dengan Siska jadi agak dingin karena hal ini. Salah gue juga sih, mestinya gue curhat sama Siska, tapi gue malah curhat ke orang2 lain yang mustinya tidak usah tahu menahu soal urusan ini. Kalo suatu hari nanti gue ketemu Siska, gue pengen deh minta maaf atas kelakukan kekanak2an gue saat itu. Karena kalo dipikir2x, apa sih artinya uang? Uang kan gampang dicari. Tapi persahabatan sejati, tiada tara nilainya. Lagipula, gue yakin Siska udah fight juga untuk gue. Doi pasti juga kecewa mendengar berita menyedihkan ini. Abis mo gimana? Sudah suratan nasib.

Beberapa temen menyatakan rasa simpatinya untuk gue. Dan, salah seorang di antaranya, Roy Tan, merekomendasikan nama gue ke salah satu boss di Bank Commonwealth, competitornya stanchart! Roy sendiri juga akhirnya pindah ke Commonwealth.

Sementara itu, skitar bulan Juni 2004, ada lagi acara Semi-Annual Eagle of The Year, dan karena prestasi gue deal dalam satu proyek terbesar di hidup gue di bulan April di atas, gue dianugerahi the Miracle Maker award! Lumayan seneng juga deh (biar hati agak2 dongkol karena kehilangan sebagian besar komisi), tapi at least para petinggi Stanchart masih menghargai hasil jerih payah gue. Terima kasih ya Mas Darmadi, my dear boss Siska, dan kolega2 semuanya. Terus, Siska mempromosi gue jadi Sales Manager Pondok Indah Branch. Thank you, Sis. Orang-orang biasanya minta2 dipromosi, ini gue malah dipromosi tanpa gue minta. Mestinya gue bersyukur. Tapi gue masih terlalu muda saat itu, kurang bisa menyadari betapa beruntungnya gue punya boss seperti Siska, dan punya rekan2x kerja seperti Okye, Made, Savitri, Vivi, Tjun-tjun, Thedu, Yulie Mustafa, Rosa Asrul, dan semua rekan2x kerja lainnya!

Dengan posisi baru sebagai sales manager, gue menempati seluruh lantai 4! Untuk gue dan bawahan-bawahan yang dipercayakan padaku. Gue punya 2 asisten manager : Djun dan Bejo. Gue juga punya sekitar 40 anak direct sales, dimana denger2nya sekarang mereka semua sudah jadi bos besar! Bangga deh! Sebetulnya masa-masa ini adalah masa yang cukup menyenangkan, karena gue jadi teringat lagi dengan masa2 awal gue di Stanchart dulu, yaitu mulai dari direct sales. Gue seneng bisa motivasi my sales team, bisa kasih tips2 dan strategi2 untuk sukses. Tapi sayang gue cuma menjalaninya dalam waktu cukup singkat, karena Bank Commonwealth kontek gue dan menawari gue posisi RM dengan kompensasi yang cukup lumayan, dimana tawarannya cukup menggiurkan dan terlalu sayang untuk ditolak.

Well.. tgl 18 Oktober 2004, gue resmi resign dari Stanchart. Tgl 19 Oktober 2004, gue udah duduk di meja baru gua di Bank Commonwealth cabang Mangga Dua..

I'm sad i have to leave Standard Chartered Bank, but i think my time is done there.

Well.. at least now gue bisa bernafas lega.. karena hari2 berikut di Bank Commonwealth sangat2 menyenangkan!!

No comments: