Monday, July 18, 2005

WorkPlace : Standard Chartered Bank (PFC)

3 Juni 2002 adalah salah satu hari paling bahagia di hidup gue (hari2x lain tuh : wedding day, wisuda day, birthdays,... hahahaha) karena gue resmi jadi PFC alias Personal Financial Consultant di Retail Banking. Itu artinya : meja pribadi (tadinya di dsr satu meja gede rame2), telpon pribadi dgn extension pribadi, email kantor pribadi, training2 khusus di hotel2x, kesempatan untuk jadi permanent staff (kalo di dsr, semuanya temporary staff), dikirim ke luar kota untuk event2 khusus... pokoknya all serba prestisius deh!!!

Nah, satu2nya ganjelan yang ada tuh... my ex-boyfriend, juga jadi PFC di situ. Oh ya, lupa cerita gue.. pas gue di DSR, gue kenalan sama seorang DSR namanya H. (pas gue lulus dari atma status gue udah single total). Nach, karena kita suka pulang sama2 satu jurusan.. akhirnya gak tau gimana, kita jadian deh.. hehehe.. cinlok, cinta lokasi... Hubungan kita cuma bertahan 1 bulan doang, soalnya dia alasannya mau fokus ke karir dulu (dan emang dia duluan yang dipromote jadi PFC 3 bulan sebelum gue akhirnya dipromote jadi PFC)

Well... ternyata sebulan setelah gue bergabung dengan Retail Banking Team, si H resign, katanya mau nerusin master degree ke canada.. tau deh bener apa kaga.  Sebetulnya si H itu baik sih.  Waktu dulu aku jadi direct sales, dompetku pernah kecopetan, dan si H ini yang nolong nganter aku ke kantor polisi untuk ngurus surat2, minjemin cellphone-nya supaya aku bisa kontek bank untuk cancel kartu2x debit & kredit, dan bahkan ngantar aku pulang ke rumah walaupun cuma naik taxi.  Terima kasih ya, H... :)

Si H resign memang membuat hari2 gue di PFC jadi lebiiiiiiiih ringan. =) Gue juga kenalan sama teman2 baru di sini : Ino, Idul, Santi, Anny, Vita,Stanley, Pak Leo yg jadi supervisor kita semua, dan Mbak Miranti yang jadi bossnya di Retail Banking. Gue juga narik Sutoyo jadi PFC juga (inget kan? temen kuliah gue yang gue tarik ke SNS... nah, why gue tarik Sutoyo, soalnya dia tadinya kerja di Lippo Bank..). Selama jadi PFC gue demeeeeeeeen bangeth. Karena situasinya semuanya serba happy, dan yg gue inget tuh, kalo udah jaman puasa time buat umat muslim, kita kalo meeting jadinya buka puasa bareng, dan Mbak Mir selalu masakkin yang enak2 buat kita2!!!

Oh ya, selama jadi PFC gue udah mulai sibuk2 lagi dengan telpon client2, visit client2, fax, email urusan administrasi ke departemen2 yang berkaitan, meeting2, training2, pokoknya full sibuk banget deh. Tapi hubungan gue dengan "bule amrik yang gue ketemu lewat yahoo chess", malah bertambah deket. Akhirnya tgl 6 Oktober 2002, gue resmi jadian bf/gf sama Lloyd deh =)

Hari hari berlalu... dan pas 6 bulan gue jadi PFC, tepatnya sekitar awal bulan December 2002, gue dipromote untuk jadi CRM (Customer Relationship Manager) untuk cabang Pondok Indah! Waduh... jauh bangeth dari rumah gue yach?! Cabang Pondok Indah adalah cabang baru, dan gedungnya aja belum dibangun, jadi bener2 start dari nol lagi. Dan itu artinya gue gak boleh bawa client2 gue yang ada di kantor pusat ke cabang PI itu.

PFC itu handle rekening dengan balance 500 juta rupiah ke bawah, sedangkan CRM itu handle rekening dengan balance 500 juta rupiah ke atas! Makanya PFC itu under divisi Retail Banking, sedangkan CRM itu under divisi Priority Banking.

Sebel!!! gue lagi seneng2nya jadi PFC, eh malah ditarik ke cabang baru dimana gue belum kenal siapa2x.   Gue tolak aja promosinya, gue bilang hati gue udah nyaman jadi PFC.

Ternyata... permohonan gue untuk nolak promosi tidak diapprove oleh boss besar (mas Dar). Gue MANDATORY harus terima promosi itu. =((( Itu artinya gue kehilangan waktu untuk kerja bareng temen2 PFC gue yang baik2 dan professional2 itu. Itu artinya, gue mulai dari nol lagi. =(

Tahun baru 2003 gue habiskan di Surabaya, sambil mikir2 tuh offering.

Dan 7 Maret 2003 adalah hari terakhir gue resmi jadi PFC. Sedih deh. Gue akan mulai tugas baru gue jadi CRM tgl 17 Maret 2003 di Lt.7 Gedung Stanchart pusat (menunggu cabang pondok indah selesai dibangun).

One chapter closed, another one opens...

No comments: