Tuesday, December 25, 2018

WorkPlace: Bank of America (FSA)

Suatu hari yang cerah di bulan April 2018, ada 2 boss besar datang ke kantor cabang tempat aku bekerja di Bank of America. Mereka adalah Gioia McCarthy dan Scott McQuistan. Gioia itu adalah managing director untuk cabang retail banking, dan Scott adalah managing director untuk bidang investasi dengan Merrill Edge.

Scott dan aku sempet ngobrol2. Kita bicara tentang Merrill Edge, bagaimana banyak FSA (Financial Solutions Advisor) bisa reach target tiap bulan, walaupun tiap bulan target bulanannya banyak, dan bagaimana banyak support system yang bisa membuat seorang FSA menjadi sukses. Scott mendorong aku untuk mencoba untuk daftar untuk posisi ini. Aku sempet keder juga sih, soalnya ini kan bidang prestigius banget! Di akhir pembicaraan, Scott bilang dia akan bilang ke salah satu managernya, Taylor Welch, untuk kontek aku, untuk pembicaraan lebih mendalam lagi.

Beberapa minggu kemudian, aku dan Taylor ngobrol lewat telpon. Taylor bilang, untuk posisi ini, banyak sekali tesnya. Gak semudah itu untuk diterima. Pertama2 ada 2 tes komputer awal yang aku harus lalui. Setelah itu, ada beberapa interview dengan dia dan manajer2 lainnya. Lalu kalau lolos, aku dikasih kesempatan untuk belajar Series 7 dan Series 66 selama 90 hari. Dan harus lulus! Kalo gak lulus, ya balik lagi deh jadi banker. Setelah itu barulah training 8 minggu. Prosesnya panjang! Dan setelah konsultasi bolak balik sama dia, akhirnya aku mantepin diri deh untuk apply di posisi bergengsi ini!

Akhir bulan April, aku berhasil melalui 2 tes komputer yang rada2 susah itu! Dan setelah beberapa interview, dengan HR, dengan peer managernya Taylor, background test, dll, akhirnya aku diterima di posisi FSA ini! Rencananya aku akan mulai belajar Series 7 tanggal 6 Agustus 2018. Bittersweet harus pisah dengan kantor cabang Orchards, karena aku akan studi di kantor cabang Fishers Landing. Tapi agak seneng juga soalnya kan kerjaan baru!

Setelah 2 bulan menanti2 tanggal 6 Agustus 2018 tiba, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu itu datang juga! Aku dikasih laptop dari kantor, lengkap sama kabel2nya segala! Hehehehe. Aku bakalan training sama temen banker dari Portland, namanya Tina Chan. Jadi kita berdua akan sama2 belajar bareng2. Yay! Aku studi di cabang Fisher Landing, jadi balik lagi kayak dulu waktu aku training jadi banker. Ketemu temen2 lama : Paula, Caitlin, Eva, Kellie, Vicky, Evan, Brent (dimana Brent ini yang akan jadi mentorku nantinya untuk posisi FSA). Dan juga ketemu temen baru, mortgage loan officer yang namanya Armand. Baik deh orangnya. Juga Relationship Banker baru yang namanya Howard. Juga teller baru yang namanya Barbara. Semuanya baik2 deh sama aku!

Terus, selama studi Series 7 dari bulan Agustus sampe 1 Oktober 2018, aku juga ketemu para trainerku dan rekan2 satu studiku : Thomas, Vitaliy, Jeff, Tessa, Alexa, Grace, Amit, Benjamin, Jamison, Sam, Hari, dll. Banyak seabrek2 temen2 baru deh! Tiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, kita conference call jam 9 pagi. Terus banyak sekali kelasnya. Ada kelas conference classroom virtually, ada waktu kita belajar sendiri dari buku, ada waktu untuk belajar dari video. Pokoknya nggak ngebosenin. Materinya banyak, ada 10 bab kali! Dan sekali baca udah mesti hafal. Nah loh...

Gue ujian tanggal 2 Oktober 2018 untuk Series 7 ini... dan gue lulus!! Yay!!! Jadi sekarang waktunya untuk belajar Series 66 deh!

Series 66 juga ampir2 mirip modenya kayak Series 7. Cuma 5 bab, tapi ada satu bab yang dimana kita mesti hafal banget semua peraturan2nya. Conference callsnya tiap hari Selasa dan Kamis jam 9 pagi. Dan ini waktunya lebih singkat, cuma 1 bulan. Kalo Series 7 kan 2 bulan.

Gue ujian tanggal 2 November 2018 untuk Series 66 ini. Dan puji Tuhan gue lulus! Jadi sekarang gue resmi pegang 2 license investasi! Yayyyyy!

So next step : is the 8 weeks training deh! 7 minggu training di Vancouver, dan 1 minggu training di Chandler, Arizona. Seru gak tuh!!! Di 5 minggu pertama, kombinasi training gue adalah materi2 di komputer, web class training, videos, and conference calls as well. Juga shadow peer mentor gue yaitu Brent. Brent ini pro banget deh! Kayaknya enteng kalo liat dia kerja. Padahal kerjaannya dia kan banyak juga. Dan dia sabar sekali sama gua. Walaupun gue suka nanya2 pertanyaan "bodoh" kadang2.

Tanggal 10-14 Desember 2018, minggu ke-enam, 30 peserta termasuk gue dikirim ke Chandler, Arizona. Kita stay di hotel Hilton Phoenix Chandler. Hari pertama pas datang acara bebas. Jadi gue merdeka banget deh! Gue swim, shopping ke mall, makan malam di restaurant The Keg Steakhouse. Pokoknya haleluya dah! Hahahaa!!!

Hari kedua di sana, gue duduk satu meja sama : Daniel Caraveio, Jay Winston, Justin Oubre (used to in Chase, 34), Jordan Miller (BFA, 25). Cerita lengkapnya akan gue tulis di bawah ini. Ini adalah email yang gue kirim ke boss gue, Guadalupe, menceritakan tentang hari pertama di sini:

Hi Guadalupe,

I’d like to share my Day 1 in training yesterday! I’ve met with so many great and talented people! My trainers: Dipal Patel, Jason Wilson, Tricia Wilke, Scott Krueger, and Yulia (I forgot to ask her last name!). I also met our leaders as well : Matthew T Gellene (Managing Director; Consumer Banking & ME Div Exec), Christopher Allen (Director; Consumer Banking & ME Region Exec), and Jeffrey McIver (Vice President; Consumer Banking & ME Market Leader). I had the opportunity to take a photo with them, so I plan to upload and send it to you once I’m back in Washington!

After the training done, we had a chance to mingle and network during the Welcome Reception at the hotel. I’ve met Gabriel Rein, the Process Design Consultant who is part of the training developer. I’ve gained a lot of insights and confidence by talking with him! He reminded me to not rush things and not everything has to be done right in this second. And to not be shy to reach out for help. I’ve also met with David (unsure of his surname). I asked him what’s the common mistake a new hire usually done that hinder their performance.  David suggested to not take my feet off from the gas pedal. Keep pushing forward. I met  Lisa Martin, the Platform Development Manager. What a strong woman! She had rich experience in the finance world and we even shared common background in collection when she was managing and training collection managers in 1999! I truly learned a lot from her! I gained more insights from my other peers as well. There are 30 students here, and 3 more days to go, so I will have plenty of time to get to know each other better. And the food was great! Thank you Bofa for feeding me yesterday! Breakfast, lunch, and dinner!

I really fortunate to be in my shoe today. It’s Day 2, and I can’t wait what the trainers have in store for me! Hope you like my story, Guadalupe. I took your advice to network and I really gain so much from it. And no worries, it won’t stop at Day 1. This is just the beginning. J

Have a great day, Guadalupe! J

Hari ketiga, gue duduk sama: Daniel Caraveio (Austin, TX, Operations Charles Schwab), Benjamin Smits (Vietnamese UK, Morgan Stanley, 44), Amit Kuthiala (Bofa, Wamu/Chase, Credit Union BM, pursuing Master Degree Uni of WA), Jamison Faure (FCOM Bakersfield, CA). Peer: Monica Garcia (San Antonio, TX), David Rosado, Daniel Polite (pursuing bachelor degree finance, Oklahoma City, OK). Compliance Training. Trainers : Margaret Sanchez, Gregg Tyler.

Waktu malam, gue makan malem bareng2 Lisa Feng, Angelina Ornelas, Jamison Faure, Stephan, dan Jordan Miller di restoran enak yg namanya Rock Lobster. Gue makan salmon sama nasi putih. Yummy banget deh! Thanks ya Bofa udah traktir gue, hehehehe...

Hari keempat, bittersweet juga nih. Hari terakhir training di sini sampe jam 2 siang, udah gitu kita balik hotel untuk ambil koper2 kita. Gue pulang dengan pesawat American Airlines, dan kebetulan salah satu temen training gue, Sam Dietke, juga pulang barengan sama pesawat itu! Jadinya kita ngobrol2 deh!! :)

And now I'm back in Vancouver, Washington. Akan menyelesaikan 2 minggu berikut sebelum tanggal live gue 14 Jan 2019 di cabang baru : Hazel Dell. Mudah2an gue bisa mengulang sukses lagi deh seperti dulu waktu di Orchards dan dulu pas jadi banker di Indonesia! I am so excited for this new journey! :)

6 bulan kemudian...

Sekarang aku sudah kerja di lokasi Hazel Dell. Semua rekan-rekan kerjaku baik2 dan mudah diajak bekerja sama. Mereka pun semuanya menyenangkan! Masing-masing punya keunikannya sendiri-sendiri.

Dimulai dari kepala pimpinan cabang, Samantha. Dia ini pindahan dari Michigan. Orangnya baik, humoris, dan bijaksana. Gak mudah marah atau emosian. Gampang diajak bertukar pikiran. Rasanya damai deh bicara sama doi.

Asisten pimpinan cabang, namanya Amanda. Dia ini tadinya dari cabang Mount Talbert. Umurnya sama dengan aku! Cuma doi beda 3 bulan lebih tua, jadi kurang lebih sama kan. Suka makan sehat tuh! Tulisannya rapih sekali deh!  Sebelum Amanda datang, tadinya asisten pimpinan cabang kita namanya Dejainera, alias DJ. Orangnya baik sekali, dan selalu asik diajak ngomong pas makan siang. DJ juga suka nanya2 tentang bagaimana cara mengatur keuangan pribadi. Salut deh gue, orangnya mau belajar.

Team teller yang megang uang kas :
- Jessica : suka berburu dan suka merajut! Hebat ya?
- Izzy : doyan banget makan sushi. Kan ada nih restoran sushi persis di sebelah kantor kita!
- Angela : ibu anak empat ini bijak banget deh! Kadang suka geli sendiri dengerin cerita beliau mendidik anak2nya.
- James : dia ini pindahan dari cabang Fourth Plain. Suka makan sandwich, bikin sendiri!
- Onna : dia ini demen banget pesen sandwichnya Jimmy John. Gue juga suka sih. Habis enak!

Team bankernya:
- Tiare : cewek cantik berambut panjang ini udah tunangan loh! Nanti dia married tahun depan, 2020.
- Evan: cowok yang satu ini selain tampan, dia juga modis sekali dalam berbusana. Bener2 bankir teladan deh. Jaketnya selalu rapih tersetrika. Orangnya juga super professional, tapi asyik diajak tukar pikiran. Dia ini pindahan dari cabang Fisher's Landing.
- Madison: cewek asal Kansas ini demen bangeth minum Dutch Bros yang namanya Golden Eagle. Dia juga kerja part time loh di kasino, sebagai dealer. Seru juga ya?

Team partner:
- Kelli : petugas pinjaman hipotek, alias yang ngurus pinjaman rumah, sebelum dia dipindahkan ke cabang Battleground. Walaupun sudah umur 60, tapi nggak keliatan kayak umur 60 tuh. Malah kayak umur 45 aza! Orangnya asik diajak bercanda, tapi boleh juga pas diajak ngomong yang dalem2, misalnya soal kehidupan.
- Suky : cewek Asia umur tiga puluh ini bener2 supel dan suka banget sama Backstreet Boys. Dia ini yang ngantiin Kelli sebagai petugas pinjaman hipotek di cabang kami.
- Harvey: cowok Asia yang dulunya kerja di US Bank, sekarang bergabung sama kita sebagai bankir untuk usahawan alias rekening2x bisnis.

Kadang aku suka keder juga sama targetnya, tapi puji Tuhan deh masih dilengkapi. Seperti biasa, aku cuma bisa pasrah aza sama Tuhan. Do your best, God do the rest. Kan itu dulu mottonya. Sama sampe skarang. Hehehe.

Ya sampe segini dulu deh kisahku untuk babak kali ini. Kita lihat saja nanti kelanjutannya!

No comments: